Minggu, 10 Maret 2013

Contoh Karya Tulis Ilmiah, Minat belajar dan jejaring sosial

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN JEJARING SOSIAL KELAS 9.1 SMPN 5 MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013


OLEH :
Gusna Naufal Taris 9.1/07
SMP Negeri 5 Malang




Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan hidayah dan rahmat-Nya karya tulis ini dapat penulis selesaikan. Selain itu penulis ucapkan terima kasih kepada pihak yang terkait dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.

Belakangan ini banyak anak anak yang lebih mementingkan internet daripada belajar. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara akurat tentang meningkatkan minat belajar dengan mengurangi berinternet kelas 9.1 SMPN 5 Malang tahun ajaran 2012/2013.

Penulis menyadari karya tulis ilmiah ini belum sempurna, karena keterbatasan waktu dan wawasan. Oleh karena itu, kritik dan saran penulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

                                                                                            Penulis

I

Daftar Isi

Kata pengantar          i
Daftar Isi.                  ii


Bab I. Pendahuluan
1.1 Latar belakang............................................1
1.2 Rumusan Masalah.....................................1
1.3 Tujuan Penelitian......................................1
1.4 Metode Penelitian.....................................1
1.5 Tempat Penelitian.....................................1
1.6 Waktu Penelitian......................................1
1.7 Subjek Penelitian......................................1
1.8 Sistematika................................................1


Bab II. Pembahasan
2.1 Hasil Penelitian......................................2-3
2.2 Pembahasan.......................... ..................4


Bab III. Penutup
3.1 Kesimpulan......................................................................................................5
3.2 Saran................................................................................................................5


Daftar Pustaka.....................................................................................................6


II


BAB I. Pendahuluan


1.1 Latar belakang


Internet merupakan teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di masa era globalisasi saat ini. Ineternet diibaratkan sebagai perpustakaan dunia, yang bisa kita akses dengan mudah dan dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukaan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bias mengakses dengan bebas di dalam internet sesuai dengan kehendaknya.


Bahkan sedikit orang yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang di dalamnya meliputi beberapa aspek, dari mulai ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan tentang alam, jaringan social, game online dan lain-lain. Khususnya didunia pendidikan internet memberikan kontribusi yang cukup besar, dengan kemudahan mengakses data-data, dapat memudahkan proses belajar mengajar. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa dalam penggunaan internet pada pembelajaran menjadi suplemen yang bermanfaat dan memiliki pengaruh-pengaruh yang positif terhadap penyelesaian tugas-tugas siswa.


Namun, internet juga memliki dampak negatif, berdasarkan fakta yang terjadi saat ini keberadaan internet banyak juga menimbulkan masalah-masalah, terutama dalam dunia pendidikan. Kecanggihan internet yang dapat menembus ruang dan waktu menyebabkan beberapa siswa dan pelajar-pelajar lainnya terbawa oleh arus teknologi internet. Bahkan sebagian dari mereka banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online atau situs-situs jejaring social. Disini, akan dibahas mereka yang menggunakan internet untuk membuka jejaring sosial.


1.2 Rumusan Masalah :


1. Bagaimana pengaruh jejaring sosial dalam internet terhadap siswa ?

2. Bagaimana cara mengatasi pengaruh negatif jejaring sosial di internet siswa ?


1.3 Tujuan karya tulis :


Meningkatkan minat belajar siswa


1.4 Metode penelitian :


Penulis mendapatkan informasi melalui wawancara.


1.5 Tempat penelitian :


kelas 9.1 SMPN 5 Malang


1.6 Waktu penelitian :


4 Febuari 2013


1.7 Subjek penelitian :


10 siswa kelas 9.1 SMPN 5 Malang tahun ajaran 2012/2013


1.8 Sistematika :


karya tulis ini terdiri dari 3 bab, yaitu bab I yang berisi pendahuluan, bab II yang berisi pembahasan, meliputi hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian. bab III yang berisi penutup meliputi kesimpulan dan saran.

1


Bab II. Pembahasan


2.1 Hasil Penelitian :


1. Apa yang dicari dari jejaring sosial ?

have fun 90% tambah wawasan 10%


Berapa jam berinternet khususnya untuk berjejaring sosial ?


1-3 jam 30 % 3-5< 50% 5jam< ... 20%


Berapa jam kamu belajar ?


1 jam 10 % 2 jam 10% tergantung les dan pr 80%

Kalau ingin serius belajar apa yang anda lakukan ?

Tidak berinternet, hanya belajar 40 %, Berinternet dan belajar, tapi internet hanya untuk menambah wawasan 60%

2.2 Pembahasan:

Hasil :

1. Banyak yang menggunakan jejaring sosial untuk have fun dan lain lain tanpa ada unsur belajar , yaitu 90%. sedangkan untuk mencari ilmu hanya 10%


2. Lebih banyak berinternet nya daripada belajar, 80% belajar tergantung dari les atau pr, jadi bisa dikatakan kemauan siswa ingin belajar 80% tidak ada.
3. Kalau sedang bertekad / berkeinginan untuk serius belajar, menggunakan jejaring sosial yang tidak ada hubungan dengan pelajaran bisa tidak dilakukan, sebesar 40%, dan memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk menambah ilmu sebesar 60%


Bisa dilihat dari hasil diatas, bahwa jejaring sosial itu kebanyakan digunakan untuk melakukan hal hal yang membuat kita tidak belajar, seperti bermain game atau menguntit seseorang. Lalu, kemauan untuk belajar siswa 80% itu tidak ada sebagaimana hasil kedua. Akan tetapi, bila ada kemauan untuk serius belajar, maka akan bisa tidak ber jejaring sosial, dilihat dari hasil ketiga. Ataupun jejaring sosial dibuat untuk menambah ilmu.



Bab III. Penutup


3.1. Kesimpulan


Kesimpulan yang dapat penulis simpulkan adalah :


1. Minat belajar siswa memang bisa dipengaruhi oleh jejaring sosial.


2. Bila siswa mempunyai keinginan kuat untuk serius belajar, maka bisa meninggalkan aktivitas ber jejaring sosial.

3.2. Saran


Saran yang dapat kami berikan kepada pembaca adalah :


1.Sebaiknya hanya menggunakan jejaring sosial atau game online disaat memiliki waktu yang luang agar minat belajar, proses belajar dan prestasi belajar tidak terganggu.


2.Berusahalah untuk menambah minat belajar dengan cara yang dianggap menyenangkan, karena cara belajar setiap siswa berbeda-beda.


3. Memanfaatkan internet untuk kepentingan yang positif.



Daftar Pustaka


http://nkunthi.blogspot.com/2012/04/karya-tulis-ilmiah-pengaruh-internet.html


http://wikipedia.org


http://google.co.id


-------------------------TERIMA KASIH - BOLEH COPAST TAPI EDIT YA! ------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar